BIRTHDAY PARTY: TIPS PERAYAAN ULANG TAHUN BALITA

Ulang tahun, bagi sebagian besar orang masih menjadi hari yang ditunggu-tunggu, meski jatah usia hidup berkurang. Tua muda besar kecil semua menantikan saat hari lahir tiba dan merayakan bersama orang-orang tercinta.Dan yang paling heboh soal ini biasanya kaum wanita alias ibu-ibu, terutama yang punya anak kecil. Terkadang anak tidak minta bahkan tidak tahu soal perayaan ultah, tapi orang tua, terutama ibu cenderung sibuk menyiapkan perayaan ulang tahun. Bukan tanpa alasan memang, tapi memang perlu jga dipertimbangkan banyak hal mengenai perayaan ini..terutama untuk perkembangan anak.

Perayaan ulang tahun identik dengan pesta, bersenang-senang dan boros..padahal bila itu merupakan’peringatan’ hari lahir, akan lebih terkesan sederhana, khidmat dan penuh rasa syukur tapi tetap meriah. Dan semua itu bisa disiasati. Tak sedikit orang tua yang bingung menentuan akan diperingati seperti apakah ulang tahun anak mereka.

Berikut ada beberapa saran untuk perayaan ulang tahun (peringatan) anak Anda.

  • Pilih tema ulang tahun sesuai kepribadian anak. Kenali anak Anda seperti apa yang dia suka, ketertarikan atau bakat minat yang mulai muncul. Sebagian anak laki-laki suka robot, sebagian lain suka mobil-mobilan, anak perempuan suka boneka, atau tontonan TV yang lagi ngetrend seperti Ben10, Strawberry, dan superhero lainnya.
  • Tentukan waktu yang tepat. Sesuaikan pelaksanaan pesta sesuai jadwal anak merasa enjoy. Hindari saat anak mengatuk dan hindari jam-jam tidur anak. Biasanya pola tidur anak keliatan jadi aturlah waktu yang sesuai dan pilihlah waktu yang tepat.
  • Tentukan tempat yang sesuai tema, nyaman, aman dan terjangkau. Hindari tempat-tempat berbahaya jika memanfaatkan fasilitas pblik, atau jika dirumah hindari menggunakan alat2 yang berbahaya bagi anak. Perhatikan ketersediaan toilet, tempat menyusui, sirkulasi udara, cahaya dan ruang yang lega,
  • Buat daftar tamu undangan. Biasanya anak-anak akan datang bersama orang tua. Buat daftar sehingga tidak ada yang terlewatkan. Anak-anak cenderung sensitif bila terlewatkan undangan.
  • Persiapkan makanan yang cocok dan sehat. Ini hal penting untuk anak2. Biasanya mereka masih banyak menghindari makanan pedas, berminyak, dan kandungan bmbu tertentu. Sediakan makanan yang cocok untuk anak-anak, sehat, bergizi dan aman.
  • Persiapkan perlengkapan yang aman dan menarik. Asesoris dekorasi yang menarik akan menarik perhatian dan antusias anak berpartisipasi dlm acara. Buat anak2 nyaman selama acara. Boleh juga sediakan mainan, balon-balon dan perlengkapan yang aman.
  • Pilih talent yang sesuai unuk anak. Memilih pengisi acara seperi MC dan hiburan juga perlu disesuaikan dgn konsep dan audiens anak2. Hindari yang terlalu membuat anak capek, terlalu bising dan hindari SARA.
  • Tentukan goody bag. Pastikan sesuai dgn karakter anak2. Murah meriah dan berkesan, bagus lagi kalau bermanfaat untuk anak2.
  • Pilih kostum yag nyaman. Bagi yg ulang tahun  pakailah baju yang nyaman, tdk terlalu banyak pernak pernil dan bahan yang panas. Sesuaikan tema acara.

Semoga membantu Anda yang akan bikin pesta ultah untuk Ananda. Caiyoo Moms..!!!

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s