DAFTAR KE SEKOLAH NEGERI ATAU SWASTA…?

Tidak seperti tahun-tahun 90 an, orang tua sekarang awal tahun sudah mulai bersiap-siap mencari sekolah yang terbaik untuk putra-putrinya. Memasuki anak usia Sekolah Dasar, pasti sudah menjadi concern orang tua dan biasanya orang tua akan berpikir jauh hingga SMP dan SMA nanti. Tidak sedikit orang tua yang kebingungan mau memasukkan anak ke sekolah mana. Banyak hal yang harus dipertimbangkan, dan akan makin pusing ketika anak sudah saatnya masuk SMA yang pastinya lebih kompleks lagi hal-hal yang perlu dipertimbangkan.

Let’s talk from SD, Sekolah Dasar. Orang tua mungkin akan lanjut saja dari TK yang sebelumnya karena sekolah sudah masuk ke yayasan yang memiliki jenjang dari TK-SMA/SMK. Tapi bagaimana yg belum? Orang tua akan bingung memilih sekolah negeri atau swasta. Padahal sekolah negeri dan swasta pun bervariasi.Nah pilih yang mana kira2? Apa sih bedanya??

  1. Sekolah Negeri, memang milik pemerintah yang guru dan karyawannya pun pegawai negeri. Kurikulum yang digunakan juga kurikulum nasional. Sekolah Negeri pun ada yang Sekolah Reguler, Sekolah Plus, Sekolah Standard Nasional/Standard International. Memang identik dengan gedung yang lama, guru yang tua, tetapi secara kualitas terus terjaga. Artinya historis sekolah negeri cenderung menjadi image bagus, terutama yang telah menghasilkan lulusan-lulusan berkualitas dan menjadi orang-orang berhasil dan terkenal. Biaya sekolah pun terjangkau karena ada anggaran pendidikan untuk sekolah negeri dari negara, subsidi pemerintah.
  2. Sekolah Swasta, biasanya milik Yayasan/organisasi/perorangan. Sekolah swasta juga kebanyakan memiliki identitas yang spesifik, misal sekolah berbasis agama, sekolah bebasis bakat dan minat, sekolah berbasis wirausaha, dsb. Dari segi kurikulum, sekolah swasta bebas menentukan sesuai basic yang ditekankan. Ada yang kurikulum nasional, kurikulum internasional yang acuan dan sistemnya pun berbeda-beda. Ada sekolah swasta yang berasal dari yayasan dalam negeri misal Muhammadiyah, Penabur, dll dengan kurikulum baik dalam dan luar negeri. Ada yang berasal dari sistem pendidikan luar negeri dgn kurikulum yg berlaku di negara tersebut, misal Singapore Academy. Dari segi fasilitas, sekolah swasta memang terkesan bagus, mewah dan lengkap. Biaya pendidikan juga relatif tinggi dibanding dgn sekolah negeri. Kegiatan sekolah pun bervariasi. Ada sekolah swasta yang sudah lama, ada yang masih baru. Namun yayasan juga terus membina para guru dan karyawannya untuk concern di dunia pendidikan terutama mengajar.

Pilihan sekolah negeri atau swasta itu memang kadang msh jd pertimbangan orang tua. Dulu memang sekolah swasta masih identik dengan ’sisa-sisa’ siswa yang tidak diterima di sekolah negeri, namun sekarang kondisi berbalik, orang justru bangga ketika anak-anak nya masuk ke sekolah swasta terbaik.

Apapun nanti pilihan orang tua, sebaiknya tetap perhatikan keinginan anak. Sejak dini, kenali bakat dan minat anak, sehingga tidak ada keterpaksaan. Negeri atau Swasta tidak lagi menjadi ’gap’ karena peran mendidik tetap ada pada orang tua, sekolah bersifat membantu belajar. Siapkan juga masalah biaya dan kontrol untuk anak ketika masuk ke sekolah. Lingkungan sekolah sedikit banyak jug aberpengaruh pada perkembangan anak. Yang tidak kalah pentingnya, siapkan anak untuk mampu beradaptasi dan mengikuti proses pembelajaran dengan nyaman.

Untuk tahu banyak soal sekolah, orang tua bisa survei duu ke sekolah saat pendaftaran di buka, bertanya soal kesan para orang tua yang anaknya bersekolah di sekolah tersebut, dan sebanyak-banyaknya mencari informasi baik dari guru, siswa maupun orang tua lainnya. Selamat mencoba.

About these ads

One thought on “DAFTAR KE SEKOLAH NEGERI ATAU SWASTA…?

  1. Woah this blog is magnificent i like studying your articles. Stay up the great work! You understand, lots of persons are looking round for this information, you can help them greatly.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s