SOLUSI MENGAJAR ANAK YANG LEMAH BAHASA INGGRIS

Sebulan terakhir ini saya mengajar private 2 orang siswa kelas 12 (kelas 3 SMA) yang khawatir akan tes Bahasa Inggris di UN nanti. 2 siswa laki-laki yang datang diantar para orang tua nya tersebut saya pikir akan sama dengan siswa SMA kebanyakan yang saya temui. Tapi apa yang terjadi pada pertemuan pertama les Bahasa Inggris itu? Semua di luar dugaan!

Seperti biasa saya berikan pre-test untuk English skills, yakni Listening, Speaking, Reading, Writing. Saya memilih soal yang mudah untuk level anak SMA sesuai informasi dari orang tuanya yang katanya nilai di sekolah tidak bagus. Tes dikerjakan bahkan melebihi waktu yag saya tentukan. Hasilnya?? Pingsan! Tak satu pun soal yang saya berikan dijawab benar.

Yang saya temukan kemudian adalah ternyata  anak-anak tersebut tidak lebih pintar dari anak SD sekarang. Bahkan menyebut angka 11 dalam bahas Inggris pun sudah lupa katanya. Jangankan membaca text, kosakata pun tidak ada yang ‘nyangkut’ di ingatan. Saya coba berlatih dialog pun tidak jalan, pengucapan tidak tepat, bahkan kata sederhana yang harusnya dikuasai saat pertama belajar bahasa Inggris pun tidak tahu.

Mau tidak mau saya harus berpikir keras mencari cara menggunakan waktu singkat ini untuk memulai dari awal. Sepertinya tidak mungkin ya, mulai dari belajar spelling, menghitung, part of speech, vocabulary, simple grammar. Wah, hampir kehabisan ide. Belum lagi buku yang dipakainya di sekolah terlalu berat untuk dia.

Saya pun mulai dengan beberapa hal, menyusun ulang rencana semula tanpa meninggalkan materi di kelas XII yang harus segera dikuasai sambil mengulang pelajaran di kelas X dan XI termasuk persiapan untuk ujian masuk perguruan tinggi. Lebih dari itu saya harus siapkan strategi mengolah kemampuan bahasa Inggris untuk komunikasi sehari-hari, karena opsi ketika siswa-siswa ini lulus adalah kuliah sambil bekerja.

Saat ini sudah pertemuan ke 8 dan dua siswa saya mulai bisa ‘mengejar’ ketinggalan.

Berikut langkah yang saya ambil:

  • Memberikan pre-test sesuai level. Misal kelas XII, berikan pre test diambil dari kurikulum kelas XII SMA.
  • Memetakan kemampuan berbahasa siswa. Mana yang lebih menonjol dari 4 skill yang ada apakah Reading, Speaking, Listening atau Writing. 
  • Urutkan kekurangan siswa dalam menguasai bahasa, misal Vocabulary, Pronunciation, Spelling, dll
  • Menganalisa kesulitan siswa belajar apakah sumber belajar, cara belajar, atau faktor lainnya. Ajak siswa mengobrol.
  • Menemukan gaya belajar siswa. Ini bisa dicobakan di beberapa kali pertemuan dengan variasi apakah visual, audio atau kinestetik.
  • Diskusikan kesukaan siswa, interest nya dimana. Gunakan minat siswa untuk menampilkan  text atau tema dalam pembelajaran nanti.
  • Turunkan tingkat kesulitan soal latihan tapi tidak mengubah kurikulum yang seharusnya di pelajari
  • Berikan contoh dan instruksi yang jelas kepada anak sebelum memberikan banyak latihan.
  • Libatkan siswa dalam menyusun rencana materi dan metode yang dia sukai sehingga siswa tahu sebab akibat jika materi tertentu tidak dikuasai.
  • Kamus mutlak perlu, pilih kamus yang komplit dan valid, bukan kamus ‘berjuta-juta’ tetapi tidak komplit dengan jenis kata dan cara pengucapan, bahkan memiliki lebih dari satu arti yang kontekstual.
  • Buatlah variasi latihan soal, bukan hanya membaca dan memilih opsi tetapi dengan berbagai tipe soal dan cara penyampaiannya.
  • Rutin adakan review atau ulangan setiap materi yang Anda berikan.

Contoh soal mudah akan saya posting berikutnya. Semoga tips ini bermanfaat buat Anda pengajar les siswa yang kesulitan. Tetap semangat!

4 thoughts on “SOLUSI MENGAJAR ANAK YANG LEMAH BAHASA INGGRIS

  1. hai mbak, g sengaja mbah gogel mempertemukan kita lagi hehe..masih inget? saya partnernya bu cherry yang baru (walo dah lama) hehehe..nemu blog ini kayak nemu aqua dingin pas antri sembako hehe, baru titik jenuh ngajar nih hehe..nemu blog ini jadi semangat..jd mbayangin kelas EC waktu njenengan ampu hehe..salam mbak, btw, boleh saya aplikasi bbrpa materi disini untuk kembali ke kelas g? thanks

    • Hi jg Mr… Wuaah ada yg lebay. Yeap u”re rait Mr. It was. Hope EC classes now are getting better and much more fun than before. I had may things wanna do with them but then time separated us ya..hehehehe… Sure, Mr. We can share bot teaching learning activities and students… My warm regards to all students there ya… :) Seize d day..!

Leave a Reply

