CPNS: The Most Wanted Job Vacancy of The Year…

Penerimaan CPNS baik departemen maupun daerah di akhir tahun 2009 ini nampaknya diserbu banyak pelamar untuk membuktikan ‘keberuntungan’ di tes CPNS sebagai pegawai negeri di berbagai posisi/jabatan. Banyaknya pelamar yang berdasarkan kualifikasi pendidikan tertentu sesuai yang dikehendaki instansi pemerintah mulai membludak sejak dibuka pendaftaran. Apalagi dgn system pendaftaran online yang makin ngetrend…Ini salah satu ciri bahwa menjadi PNS masih menjadi sasaran utama para pencari kerja di Indonesia. Lalu apa motivasi mereka menjadi tenaga PNS??

Makin banyaknya pendaftar, makin kecil pula peluang untuk lolos sebagai pegawai negara. Namun ada juga posisi yang tanpa pelamar karena bidang kualifikasi tertentu yang cukup jarang, atau memang daerah yang kurang diminati, tetapi saya yakin, bukan karena tidak ada peminat!!! Sebagian besar masyarakat masih mendambakan berstatus pegawai negara. Bagaimana tidak, gaji dan tunjangan terjamin tiap bulan bahkan tidak kenal kinerja bagaimana, bahkan hingga pensiun dan anak turunan pun ikut menikmati. Hmmm..menggiurkan nampaknya…Atau adakah yang benar2 berniat untuk mengabdi kepada negara tanpa berpikir income yang di dapat? Nampaknya kok tidak ada, apalagi hari gini..masa2 krisis melanda..menjadi CPNS tentu pekerjaan ‘aman’ tanpa PHK dan minimum tantangan, kerja ga kerja dapat gaji sesuai jabatan, jenjang karir jelas, dipandang ‘istimewa’ oleh masyarakat (prestige)..dan masih banyak lagi..kurang etis kalau disebutkan..

Lalu kenapa pemerintah membuka sebanyak-banyaknya peluang CPNS setiap tahunnya? Inikah yang disebut membuka lapangan kerja yang akhirnya banyak juga posisi dgn status “pengangguran” terselubung dan dapat gaji “buta”? Mmm..mungkin banyak yang pensiun, atau ada bagian baru yang perlu tenaga tambahan…atau setidaknya membuat sibuk kantor polisi dan Depnaker serta dokter untuk melengkapi persyaratan PNS.. Tapi coba perhatikan efektivitas pekerjaan para PNS di berbagai instansi. Ada yang sangat sibuk, ada yang bingung mau ngapain..Bahkan ada pekerjaan yang bisa di handle satu orang tapi dibagi menjadi 10 orang…Sayang sekali memang…mereka belum tentu dapat job dalam sehari..Alhasil ya..nongkrong, merokok, nge game, shopping, ngrumpi, dan ’flirting’ dgn teman kantor. Tapi ingat..itu tidak semua!!!! Ada PNS yang sangat sibuk di bagian tertentu instansi. Atau PNS yang jelas pekerjaannya tiap hari meski tidak full seharian. Melirik ke instansi-instansi di daerah-daerah..banyak yang masih santai pada jam-jam kerja. Mmm..mungkin ini cara pemerintah mengurangi pengangguran dan meningkatkan kesejahteraan rakyat..?

Kalau sudah begini, sayang sekali mereka2 yang cukup kompeten tapi menjadi terbiasa bekerja kurang profesional karena ikut iklim kerja yang santai. Kasihan juga dengan kurag tepatnya posisi/jabatan, meski sesuai kualifikasi pendidikan, tapi kemampuan belum tentu. Toh, tes hanya akademik, mengerjakan soal2 tertulis dan Anda tahu sendiri butir soal tes seperti apa..bahkan kadang tidak nyambung dengan posisi yang dilamar..bahkan ada yang rela membayar jutaan rupiah untuk bisa diterima, atau memanfaatkan ’kerabat’ di dalam instansi..Kasihan mereka2 yang bekerja keras karena menumpuknya tugas, kalau ada yang santai2 saja…Bakalan gawat kalau semua PNS berpikir santai karena pasti dapat gaji dan tunjangan, dan ada jaminan kalau terjadi apa2 dengan kantor..toh itu milik negara…Bisa-bisa etos kerja menurun, ”semau gue”, biar lambat asal selamat kecuali urusan bagi-bagi uang..Ini bisa diatasi bila top management tiap instansi mampu mengelola seluruh karyawan dengan pemberdayaan yang profesional dengan system yang jelas, tegas dan terarah…Jika tidak, maka keberadaan PNS di Indonesia yang sudah puluhan tahun harus direview…

Apapun alasannya dan kenyataannya..memang penerimaan CPNS masih menjadi idola bagi sebagian besar masyarakat kita…meski banyak yang mencibir juga atau memilih menjadi pegawai swasta atau wiraswasta…Yang menjadi PR berikutnya adalah..apakah semangat mereka masih terus membara ketika diterima..sama seperti saat mereka mendaftar dan mengikuti tes??? Semoga PNS tetap mengedepankan profesionalitas..

 

One thought on “CPNS: The Most Wanted Job Vacancy of The Year…

  1. Pingback: Lowongan kerja CPNS SMK Tersedia di Sulawesi Selatan 2009 - Bursa Informasi Lowongan Pekerjaan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s