YOU ARE WHAT YOU WEAR…

Tidak seperti pagi biasanya..hari ini tidak ribet. Anakku bangun pagi langsung mandi. Aku juga punya spare waktu sebelum brgkat bekerja. “Hmm..pake baju apa ya hari ini?” Kubuka lemari dan mataku tertuju pada baju lama ku. Batik yang kubeli setahun yang lalu, dgn modifkasi sendiri dan “fitting” di jahit vermak..bukan baju ke kantor memang, bukan juga baju mahal..dan aku tertarik pake baju ini. Batik coklat semi kimono…!!! Sekarang memang baru ngtrend batik dgn model yang seabreg di pasaran…Model semi kimono, kancing atas satu, berikat pinggang batik juga, warna coklat tua, motif batik ga ngerti…hehehe..

Langsung aku keluarin dari lemari..Mmm..model masih OKE..baru aku pake berapa kali ya..kuingat2 baru dpake waktu menyambut tamu Jepang, ngemcee resepsi pengukuhan guru besar UGM, dan satu lagi acara formal aku lupa…Yup..aku pake aja hari ini..!!! Langsung cari celana panjangnya ah…Mulai dandan!!!

“Waah..bunda cantik bgt..ada acara apa Bund?”tanya suamiku yg kebetulan di rumah, begitu masuk ke kamar..”Hehe..ga ada..kenapa?” tanyaku sambil senyum2, pasti heran liat aku pake baju ini. “Ga papa..tumben pake baju ini,” katanya,”tapi cantik kok…” Makin mantab aku dgn pujian pertama hari ini dari suamiku. Berangkat……..

Begitu masuk ruang, ada partnerku bilang..”Wehehe..mo terbang kemana niy?” sambil tertawa yang aku rasakan itu bukan mengejek..tapi kata lain dari ”bajunya lucu”. Aku tesenyum aja. Begitu mo keluar, ada senior bilang,”Duuuh..cantik bgt bajunya.. (bukan orangnya ya?!! Hiks..)..Seger banget pagi ini..” begitu sambil kami bersalaman selamat pagi.”Makasih bu,” jawabku. Saat bertemu atasanku, beliau juga bilang begini,”Batiknya bagus, warnanya, motifnya..modelnya lucu..” Hmm..”Ini baju lama, Bu,”jawabku sambil tersenyum terimakasih.

Aku juga tau saat mengajar, ada siswa yang berbisik2 soal baju ku..dan benar aja..selesai kelas ada yang bilang..”Ms..bajunya lucu..bagus..”katanya berusaha memuji..tp ini ga ngefek ke nilai mereka kok..Hehehe… Begitu buka hape..ada temen baik yang khusus kirim sms..”Wuih bajune apik..” dan kujawab” “Ho oh niy..siap mabur (baca:terbang)..karena merasa seperti sayap burung..past orang aneh melihatnya…Bahkan ada yang heran, gmana aku bilang ke penjahit kalo bikini baju kayak gtu…Kok ga ngirit aja dibikin dua baju..dsb…

Buanyak banget komentar hari ini..bisa ribuan kalo dihitung..(ngitungnya diulang2 maksudna..hahaha..belum lagi yg cuma memuji dlm hati..hihihi). Dan itu kuanggap perhatian!!!Padahal aku pake baju itu jg tanpa sengaja..Dan aku bisa tahu bahwa itu menarik perhatian beberapa orang hari ini. Karena pede, orang juga melihat hasil tampilan kita sesuai yang kita pikirkan…

Tidak perlu baju mahal, beli di mall atau butik terkenal atau menghabiskan ratusan ribu rupiah di designer dan penjahit kondang untuk bisa tampil cantik. Cantik dalam arti menjadi diri kita, menyenangkan dilihat orang dan mewakili kepribadian kita. Setidaknya dar yang kita pakai bisa menunjukkan siapa kita, sikap dan kepribaadian. Memang sebagian besar orang menganggap baju branded, beli diluar negeri atau yg import, dengan bahan mahal..akan menunjukkan status sosial..Tapi maaf..itu tidak berlaku untukku!!!

Beli di mana aja..merk apa aja..yang penting warna, model, motif, bahan cocok, harga terjangkau, dan nyaman dipakai..aku pilih!!! Jstru tantangan buat kita me nge mix and match apa yang ada di lemari dan tampil “wah” dengan baju sederhana asal rapi..sesuai..nyaman… Lebih dari itu..baju yang dipakai mencerminkan apa yang kita pikirkan, kepribadian dan segala hal tentang diri kita coz U R WHAT U WEAR…

Leave a Reply

