“AKU TAKUT NGOMPOL…”

Senin, 23 November 2009…

Pagi ini cukup crowded..aku baru tidur jam 2 pagi karena lembur kerjaan dan bangun jam 5 pagi… Ternyata masih ada aja yg harus aku beresin..Sedikit ngantuk aku mulai lagi buka laptop, ngcek email, ngeprint, dll..OMG tau2 jam 7 pagi…belum mandi..Nobel harus sekolah..mana mendung juga..Waaaaksss…harus ngisi air radiator dulu..ga lupa seragam hari senin..Huyuh..almost couldn’t take a breath dech…

Buru2 mandi trus dandan..Nobel anakku udah ga sabar,…”Ayo Bunda, nanti aku telat” begitu katanya sambil ga sabar nungguin aku di kursi..makin ga sabar lagi, Nobel masukin tasnya ke mobil dan dia ‘nangkring’ di mobil..sambil teriak, “Ayo Bunda, kan Nobel terlambat..” Maklumlah jam kegiatan Pra TK Nobel mulai jam 7.30..

Jam 7.45 kami baru keluar rumah…ini pasti telat pikirku….Benar aja jam 7.55 sampai parkir sekolah dan tiba2..”Bunda..perutku sakit,..” Waduh..knp lagi nih..”Sini Bunda elus2..tar sembuh kok..” lalu aku ajak Nobel ke arah kelasnya..

Hampir ampai depan kelas, Nobel tiba2 ngajak pulang lagi..”Bunda, pulang aja, Nobel ga mau sekolah…” begitu rengeknya.. ANEH!!! Biasanya dia semangat dan paling rajin urusan sekolah. Pasti ada apa2..benar saja ketika kutanya,”Kenapa Nobel ga mau sekolah?” sambil berlutut kupegang badannya, kutatap wajahya..lucu,..dan dia menjawab,”Nobel takut ngompol, Bunda,” begitu jawabnya polos sambil terisak.

Memang seminggu terakhir ini Nobel pengen tapi takut berangkat sekolah. Takut ngompol! Bahkan dia bilang ga mau minum susu di sekolah, takut ngompol…Pernah aku tulis di diary Nobel, pesan untuk gurunya kalau Nobel msh ngompol dan dia hanya percaya gurunya sehingga mhn diajari bilang ‘pipis’ sebelum tidur. Nobel ngompol saat tidur sih..tp dia pasti malu dan menyesal saat ngompol.

Aku berusaha meyakinkan dia bahwa dia pasti ga ngompol..dia pasti hebat..kl minum susu ga bikin ngompol..kalaupun ngompol, Bu Guru ga marah..Tetap saja Nobel makin menjerit dan ga mau sekolah. Tak lama, guru dan teman2 Nobel selesai pemanasan dan mulai menghampiri Nobel..mengajaknya masuk kelas meski sambil menangis..

Aku pun meninggalkan Nobel di kelasnya, menuju parker dan berangkat kerja..Di perjalanan aku berpikir bahwa Nobel mulai tahu konsep merasa bersalah, malu, protes, mengemukakan pendapat, tapi aku kecewa jika Nobel mencari-cari alasan seperti sakit perut karena takut membuat kesalahan, ngompol di sekolah. Kemampuan mengungkapkan pendapat dan protes bbrapa hari lalu saat kami diantar suami dan Nobel bersikeras,”Antar Nobel dulu, kan nanti aku telambat!” begitu katanya ketika ayahnya bertanya siapa dulu yg diantar, Bunda atau Nobel.

Nampaknya memang aku harus mulai siap menjadi psikolog untuk anakku sendiri..aku harus mampu memotivasinya, memberinya rasa aman dan pede, menanamkan konsep sekolah, libur, berteman dan segala hal..

Nobel..kamu hebat sayang..kamu keren..kamu pasti bisa!!!

Leave a Reply

