MENG’HIPNOTIS’ ANAK SUSAH MAKAN

MAKAN…!!! Hal yg bagi sebagian besar org adl yg paling disukai…tua muda besar kecil semua suka makan. Memang itu bagian dari kebutuhan. Asal masih makan untuk hidup, bukan hidup untuk makan..wajar saja. Tapi bagi anda yg punya anak batita, pastinya pernah mengalami yg namanya susah ‘nyuapin’ (bukan susah ngasih makan, semoga!) si kecil. Ternyata buanyak diantara ibu2 yg pusig tujuh keliling gara2 anaknya susah makan! Seperti aku juga sih..hehe..tp itu dulu..sebelum kutemukan trik meng’hipnotis’ anak biar mau makan.

Hampir tiap hari dibuat pusing dgn anak ga mau makan. Toh kita ga bisa diam saja membiarkan mereka ga makan kan?? Ujung2nya kita yg repot kl sampe opname gara2 kurang makan…So aku mulai berpikir cara untuk memaksa makan..dan TIDAK berhasil..Anak2 tidak suka dipaksa..seperti kita yg dewasa juga kan? Akhirnya kucoba pendekatan anak2..Suatu saat, aku ambil buku mewarnai..aku sudah siapin makan untuknya (aku umpetin) lalu aku mulai ajak anakku ngobrol soal gambar di buku. Aku ajak dia mewarnai, kuambil crayon..lalu terus aja aku ajak dia bicara, saat anakku tertarik..aku mulai ambil makan..sesendok makanan,  saat dia mulai asik, kumasukkan ke mulutnya..Berhasil..begitu seterusnya sampai habis..Hahahaha..berhasil..

Lain lagi cerita hari berikutnya..Dia sudah bilang, “Aku ga mau makan” begitu melihatku bawa piring berisi makannnya. Ya udah, kuikuti apa maunya. Dia ngajak aku maen. OKe..mulailah bermain. Dan saat asyik, kucoba suapin dia sesendok demi sesendok. Wah berhasil lagi pikirku. Tiba2..”Udah maemnya..” “Kenyang…” O o..belum habis porsi dia kok minta ‘stop’! Ternyata dia bosan. Kuajak lagi maen sampai nampak asik, lalu ku suapi lagi..Aha..berhasil…

So..buat ibu-ibu yang kesulitan nyuapin ananda tercinta, cobalah cara berikut:

  • Tanyakan apa yang dia inginkan saat itu. Turuti. Entah maen ke luar, jalan2 keliling kompleks, menggambar..
  • Buat dia nampak asyik dengan aktivitasnya.Sehingga dia tidak sadar ketika Anda membawa makanan untuknya.
  • Mulailah menyuapi makanan ke mulutnya. Jangan samapi Anda dam saja saat beraktivitas. Teruslah bercerita atau mengobrol dengannya.
  • Hindari memaksa anak makan sampai menangis.
  • Hindari mengancam apalagi membohongi anak. Bila terpaksa membujuk, berikan alasan logis! Anak Anda pasti mengerti, gunakan bahasa anak dan deskripsi yg mudah dimengerti.
  • tetap jaga makanan higienis, tidak ditaruh sembarangan.
  • Perhatikan menu makanan, jika Anda berpikir Anda suka seandainya Anda yg disuruh makan, anak Anda pasti juga suka.
  • Selamat mencoba meng’hipnotis’ anak Anda….🙂

One thought on “MENG’HIPNOTIS’ ANAK SUSAH MAKAN

Leave a Reply

