SURAT CINTA UNTUK ANAKKU

Yogyakarta, Kamis Kliwon, 11 Februari 2010 (26 Shafar 1431 H)

“Happy B’day to u…Happy B’day to u…

Happy B’day dear Nobel,

Happy B’day to u…”

Tidak seperti ulang tahun sebelumnya, hari ini ulang tahunmu ke -4 tanpa perayaan meriah. Bahkan tidak sehangat yang kita bayangkan. Bagaimana tidak, ayah bertugas di luar kota, mbah kakung dua-duanya terbaring sakit bahkan harus opname di RS. Kerepotan pagi ini sungguh membuat Bunda merasa benar2 harus kuat menghadapi semuanya, tanpa pembantu yang biasanya ada, tanpa tante mu yang biasa menemani kita saat ayah di luar kota..Tante harus menemani kakung di rumah sakit… Dan Bunda sangat sedih belum bisa menjenguk mereka..Bahkan menelepon mendengar suaranya pun blm bisa. Rasanya hampir tidak mungkin melakukan segalanya sendirian, mengurus rumah, bekerja dan terbayang Nobel yang rewel..Tapi lihat, kita bisa melakukannya sayang.! Kamu sudah seperti partner Bunda terutama seminggu terakhir ini…Ayah akan datang nanti malam dan melewati hari ulang tahun bersamamu..Bunda pastikan itu…!!

Ini surat keempat yang Bunda tulis setiap ulang tahunmu..Dan selalu Bunda ajak kamu melihat masa kecilmu.Perjalanan satu tahun terakhir ini cukup membuat Bunda bangga, anakku. Dan hal terbesar di usia mu ini adalah masa pra sekolah. Keputusan untuk kembali memasukkan kamu ke play group bukan tanpa alasan meski tahun sebelumnya kamu sempat trauma sekolah. Belajar dari tahun sebelumnya, pindah play group dan kamu cukup enjoy dengan play group mu sekarang. Tidak ada kata malas ke sekolah. Tiap hari berangkat pagi2 bahkan satu jam sebelum kelas dimulai kamu sudah ribut minta diantar takut terlambat. Bahkan Sabtu-Minggu jatah kamu libur pun kamu ga mau libur. Alhasil Bunda dan Ayah selalu mencari aktivitas untukmu seperti di sekolah. Bunda jg rajin menulis setiap Jumat di buku harian sekolah minta tolong Bu Guru ngingetin Nobel libur esok.

Ada hari-hari di mana kamu trauma ke sekolah karena takut ngompol dan Nobel marah sama Ms. Nita gara2 malu ngompol di sekolah saat tidur siang. Dan senangnya Bunda hampir 2 bulan terakhir ini, Nobel pulang sekolah dan bilang ’Aku td ga ngompol di sekolah’.

Setahun terakhir ini kamu juga makin mandiri dan pintar dengan doa-doa sehari-hari. Nobel suka ngapalin sebelum tidur, sering sampai kamu ketiduran. Bahkan rajin sholat. Mulai ribut saat adzan magrib terdengar, seisi rumah harus ke masjid!!! Termasuk si mbak yg jaga kamu. Dan Bunda makin bangga, kamu tidak bermain-main ato berisik di masjid. Ikut sholat dan nyelip diantara shaf bpk2.

Hmmm..Nobel sayang, kamu jg dapat buku rapor pertamamu. Kamu tahu Nak, Bunda deg2an juga ambil rapor Nobel. Dari rapor, Bunda tahu kamu suka komputer, kamu msh pemalu…dan banyak hal Bunda tahu dari bu Guru karena sebagian besar waktumu ada di sekolah. Kamu bisa melihat hari2mu di diary sekolah yang Bunda tulis setiap hari, sayang. Tak sehari pun Bunda lewatkan menuliskan kegiatan sehari-harimu di sana.

Anakku, kamu adl sumber inspirasi dan satu-satunya alasan kenapa Bunda melakukan banyak hal dlm hidup ini. Bunda ingin membuat kamu bangga akan orang tuamu meski tak jarang kami belajar darimu.Bunda ingat saat sepedamu dan robot2 kesayanganmu rusak dan Bunda bilang ga bisa benerin, Nobel selalu bilang, Bunda bisa…ayo belajal..”. Dan itu membuat Benda benar2 belajar banyak hal untuk selalu bisa banyak hal!!! Ato saat Bunda sampaikan Nobel ga boleh rewel karena ga ada si mbak..dan kamu mulai ambil minum, bikini susu, cuci tangan dan hampir semua hal kamu lakukan sendiri. Bunda salut dan terharu…Hebat nya lagi kamu tidak pernah mengeluh dan menangis saat sakit, panas demam tinggi..ato terjatuh atau apapun…!

Nobel, Bunda minta maaf untuk beberapa kali meninggalkanmu. Berangkat pagi, pulang malam dan itu masih sering terjadi. Bunda kurang cermat mengatur waktu. Kadang Bunda terlalu capek dan tak menghiraukan rengekanmu padahal Bunda tahu kamu minta perhatian. Tapi Bunda janji mulai tahun ini, akan banyak waktu untukmu dan itu sudah Bunda lakukan sebulan ini. Lihat, hampir setiap hari kita bersama… Senangnya Bunda bs sering antar jemput kamu sekolah, menemanimu menggambar, nonton TV, maen robot, bersepeda, makan, mandi, semua!! Ya..setidaknya memanfaatkan waktu luang Bunda yg sedikit untukmu.

Nobel sayang, kamu pasti akan mengerti kenapa tahun ini tdak ada kado yang banyak, tidak ada teman2 atau sodara2 yang datang ke rumah, tidak ada balon2 dan pita2…tapi selalu ada tiup lilin dan kue kesukaanmu…Dan Ulang tahun memang tdk harus dirayakan sedemikian meriah sayang..kelak saat kamu besar, kamu pasti tahu memaknai ulang tahun.

Doa kami selalu yang terbaik untukmu, semoga tumbuh sehat, jadi anak sholeh, cerdas, dan membuat kami bangga…mampu menghargai orang lain, berteman, berempati dan berbagi…makin mandiri..Amiin…

Nobel sayang, kamu semangat Bunda untuk menjalani hari-hari Bunda…Kita pasti bisa menjadi tim yang baik…Seluruh hidup Bunda untukmu sayang…dan akan selalu ada untukmu..We’ll be together..always..

Selamat Ulang Tahun Nobel  sayang…Happy B’day to u..Many happy returns…We love u dear…

With love,

Bunda

3 thoughts on “SURAT CINTA UNTUK ANAKKU

  1. for iik: how lucky nobel just to have a mother like u..
    for nobel : happy birthday to you “lucky boy”..be the best for u’r lovely mom..just remember..don’t be afraid of any kind of problem..there will always be a tough mother behind u..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s