TIPS MEMILIH PLAYGROUP

Anak Anda sudah memasuki usia pra sekolah? Bingung mau memasukannya di playgroup yang mana? Berikut tips memilih tempat anak pra sekolah atau disebut kelompok bermain (playgroup).

  1. Kenali perilaku dan perkembangan kemampuan anak anda. Pada usia pra sekolah, perkembangan kemampuan dan minat anak sudah mulai nampak. Suka bergerak sana sini, suka bertanya, suka mengamati, mengtak atik ato yang lainnya. Tiap anak akan berbeda.Ini turut menentukan tipe preschool seperti apa yang cocok karena sekarang mulai muncul preschool dgn berbagai karakteristik dan mereka berlomba mendiferensiasikan fokus sekolah mereka.
  2. Pertimbangkan usia. Rata-rata usia minimal anak diterima masuk playgroup sekitar 2,5 tahun. Sebelum itu biasanya masuk di day care. Namun sekarang banyak pula fullday playgroup yang bisa seharian di sekolah.
  3. Kenali tanda-tanda ketertarikan anak untuk masuk sekolah meskipun baru kelompok bermain. Jika anak sudah mulai berteman, mampu bersosialisasi, mulai mandiri, itu nampaknya sudah mengindikasikan dia bisa bergabung di play group.
  4. Cari informasi sebanyak-banyaknya mengenai playgroup. Menjamurnya playgroup menuntut orang tua selektif bukan hanya masalah finansial, tetapi juga basis pendidikan yang diterapkan di sekolah. Ada sekolah alam, ada yang berbasis pendidikan agama, ada yang psikomotor, ada yang bahasa asing dan masih banyak lagi. Lebih baik lagi jika orang tua mampu mengenali konsep-konsep pendidikan yang dianut sekolah, yang sebagian besar adaptasi dari sekolah luar negeri seperti Montessori dsb.
  5. Pertimbangkan jarak rumah ke play group. Jangan sampai terlalu jauh yang akan membuat anak capek di jalan. Pilih juga yang mudah dijangkau, bukan dgn rute yang sulit.
  6. Lihat bangunan fisik dan lingkungan sekolah. Tidak perlu yang gedung bertingkat atau bangunan baru, tetapi aspek keamanan,kenyamanan, kesehatan perlu diperhatikan. Lihat pula lingkungan sekitar playgroup: dekatkah dengan akses tempat umum yang kurang sesuai dengan anak-anak seperti pasar, terminal, bengkel, dll.
  7. Cari informasi mengenai tenaga pengajar dan fasilitas belajar. Rata-rata pengajar untuk satu kelompok berisi 20 anak sebanyak 4 orang dan para pengajar biasanya memang cinta ank-anak, lulusan PGTK atau jurusan pendidikan atau psikologi. Sekaligus lihatlah fasilitas sekolah dan saran belajar di kelas, apakah cukup mengakomodir kemampuan dan minat anak-anak. Beberapa playgroup juga menyediakan jasa antar jemput.
  8. Cermati kurikulum sekolah. Biasanya sekolah punya kurikulum yng berbeda. Ingat bahwa anak usia para sekolah adl saatnya bermain dan mengeksplorasi diri nya sesuai kebutuhan perkembangannya.. Tidak jarang sekolah yang menuntut siswa preschool bisa berhitung, membaca dan lain2 secara ‘dipaksakan’.
  9. Pilih waktu yang sesuai baik dengan minat anak atau kebuthan orang tua. Ada playgroup yang fullday, ada yang half day. Ada yang 5 hari masuk sekolah, ada yang 3 hari masuk sekolah. Pilih sesuai kebutuhan Anda.
  10. Pertimbangkan aspek biaya. Rata-rata paygroup akan mengenakan biaya pemeliharaan gedung, pengembangan fasilitas, SPP bulanan, kegiatan extra dan beberapa item lain2. Cermati dan pertimbangkn dengan baik untuk siasat keuangan Anda, tentunya msh tetap memegang prinsip memilih playgroup yang tepat untuk anak Anda.

Selamat berburu playgroup. Semoga bermanfaat..!!

2 thoughts on “TIPS MEMILIH PLAYGROUP

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s