RAMADHAN ENGLISH ACTIVITIES

Bulan Ramadhan, bulan istimewa, dan selalu di respon istimewa oleh seluruh umat manusia termasuk guru dan siswa di sekolah. Selama puasa, hampir seluruh kegiatan belajar mengajar menjadi berbeda. Alokasi waktu yang pendek, kegiatan yang ringan, tidak menguras tenaga dan pikiran bahkan guru cenderung memilih membuat soal dan siswa menyelesaikannya. Alasan malas dan hemat energi menjadi ‘ampuh’ untuk membuat aktivitas yang ‘gampang’, guru bisa ‘istirahat’ sementara siswa belajar. Tapi belum tentu juga hal itu tepat dan disukai siswa. Bahkan ketika kuis atau ulangan pun, guru masih bisa membuat kelas jadi menyenangkan. Begitu juga dalam kelas Bahasa Inggris.

Terkait dengan tujuan pembelajaran bahasa Inggris untuk berkomunikasi baik lisan dan tulisan, tentunya pilihan aktivitas KBM yang menyenangkan akan mudah dipahami. Kendala yang muncul selama bulan Ramadhan biasanya siswa cepat mengantuk, badan lemas kurang energik, cepat bosan. Guru memang harus pandai menyikapi hal semacam ini, meski kadang guru juga mengalami hal yang sama seperti siswanya.

Ada beberapa kegiatan yang ringan dan menyenangkan selama bulan Ramadhan berlangsung, yang akan ringan bagi guru dan siswa, tetapi tujuan pembelajaran tetap tercapai sesuai indikator yang ditetapkan. Perhatikan hal berikut selama KBM bulan Ramadhan untuk memperingan dan menciptakan kelas yang menyenangkan:

  • Memaksimalkan laboratorium Bahasa atau media audio visual yang tersedia (bila tidak ada ruang khusus).
  • Memilih tempat belajar yang nyaman: di halaman sekolah, di bawah pohon yang rindang, di ruang berAC, di kelas yang di design ulang seperti pengubahan letak kursi, di hall, dsb. Buat suasana kelas yang tidak monoton dan membosankan dgn berpindah tempat, bisa juga menyesuaikan aktivitas.
  • Gunakan media pembelajaran yang tersedia atau mudah dibuat seperti gambar, hand out yang menarik, blog, realia, atau alat peraga lain.
  • Membuat aktivitas yang ringan, tidak terlalu menguras energi (fisik) yang mengakibatkan cepat lelah.

Berikut beberapa aktivitas alternatif pembelajaran Bahasa Inggris selama bulan puasa di Bulan Ramadhan baik listening, speaking, reading dan writing.

  • Fun Games.

Permainan ringan baik indoor maupun outdoor bisa jadi pilihan. Misalnya: Secret Code, Crazy Story, Vocabulary Games, Guessing, Sentence Race, Intonation Fun, Bingo, Miming Games, etc. Permainan bisa dibuat pairs, groups atau individuals. Akan lebih menarik bila ada kompetisi, dan siswa diberi reward. Waktu untuk aktivitas ini bisa 15 menit atau 60 menit sesuai jenis permainan. Pilih aktivitas ini ketika siswa mulai bosan, lemas dan nampak sulit menerima penjelasan atau diajak diskusi. Libatkan aktivitas fisik ringan seperti pidah tempat, duduk berdiri jalan bertukar tempat, grouping, tetapi tidak berlarian terlalu jauh.

  • Song Activity

Akan mudah bila kelas memiliki sarana laboratorium bahasa. Song Activity bisa dengan Song Completion, Pronunciation Activity, Creating Song, dsb. Dari mendengarkan lagu baik melalui tape, handphone, TV atau computer, guru bisa membuat variasi aktivitas pembelajaran. Misal, mencari tema lagu, mencari ekspresi perasaan dari lagu, mempelajari pengucapan, belajar spelling, belajar kalimat dan ungkapan lagu (slang, dll. Pilih lag yang sedang tren disukai anak, atau lagu lama yang bertema sesuai usia siswa.

  • Watching Movie

Hindari menonton movie tanpa tujuan. Jangan biarkan siswa sekedar menonton movie. Ada beberapa aktivitas yang bisa dikembangkan: mengidentifikasi kalimat atau ekspresi atau ungkapan tertentu, menenukan tema dan jalan cerita, belajar ekspresi, intonasi dan pengucapan, bahkan menebak cerita lanjutan movie berdasar ide siswa. Beri pertanyaan atau task sebelum siswa menonton film sehingga siswa tau apa yang harus dikerjakan selama menonton movie. Jangan salah, tidak selamanya menonton film disukai semua siswa bila guru tidak tepat memilih film dan siswa sekedar menoton saja. Hindari siswa justru tertidur atau asik sendiri selama menonton. Waktu yang tersedia tidka akan cukup untuk menonton hingga selesai dan justru itu bisa dijadikan aktivitas belajar.

  • Interactive Quizz

Review dan quiz bisa tetap dilakukan selama Ramadhan. Akan menarik jika guru memiliki kuis interaktif di komputer seperti Hot Potatoes atau menggunakan Articulate QuizMaker sehingga siswa mengerjakan soal sambil seolah bermain. Bila tidak ada, kertas pun bisa digunakan dengan kuis semi games. Gunakan gambar, Pilih teks singkat, font yang menarik, dengan berpasangan atau kelompok, bahkan kuis lisan pun bisa dilakukan. Hindari teralalu banyak soal yang sulit dipahami dan panjang.

  • Writing cards,  letters, diary, posters, advertisement

Bisa jadi materi writing tepat jatuh saat Ramdhan. Ada banyak aktivitas menulis mulai dari sentence level maupun paragraphs. Jenis hasil tulisan sja yang perlu dipertimbangkan. Sesuaikan dengan usia siswa. Writing diary di bulan Ramadhan bisa jadi pilihan. Menulis surat, kartu ucapan, poster, iklan, pengumuman dengan mengambil tema Ramadhan dan Idul Fitri bisa juga menjadi pilihan. Sediakan kertas warna-warni, bisa juga dengan colourful pen. Tidak usah terlalu panjang, tetapi tepat menggunakn kalimat dan pilihan kata. Bisa juga siswa membuat di laptop atau komputer, atau dikirim lewat email dan media lain. Warming up untuk aktivitas menulis bisa dengan guessing, back writing, spelling games, dll.

  • Role play

Waktu yang singkat pun bisa diguakan untuk role play. Untuk mempermudah, gunakan guided situation yang memudahkan siswa. Sesuaikan dengan tema. Bisa juga dengan cerita pendek sehingga siswa melanjutkan dengan cerita mereka masing-masing. Starting activities nya bisa dengan short stories, short conversation, miming games, acting and guessing, dll.

Banyak sekali ide untuk tetap melaksanakan KBM sesuai rencana pembelajaran. Pintar-pintar guru memahami kondisi siswanya dan memilih aktivitas. Kuncinya ada pada motivasi masing-masing guru untuk melakukan sedikit effort dan kreativitas guru menciptakan atmosfer kelas bahasa yang fun, bermain sambil belajar, belajar sambil mengajar. Selamat Menunaikan Ibadah Puasa di Bulan Ramadhan. Selamat Beraktivitas. Have fun…

8 thoughts on “RAMADHAN ENGLISH ACTIVITIES

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s