HOW TO TEACH KIDS AN ENGLISH

Seminggu lalu saya ke sebuah TK di Jakarta dan melihat bagaiman guru TK mengajarkan siswanya bahasa Inggris. Mungkin karena basic guru tersebut bukan bahasa Inggris, beliau mengajar sekenanya. Contoh saat itu dia mengajarkan warna untuk anak-anak 4 tahun. Beliau meminta siswa menghafal kalau merah=red; hijau=green, kuning=yellow. Mungkin dengan asumsi kalau anak-anak sudha belajar warna sebelumnya dan menganggap anak tahu tentang warna-warna.

Bagi saya yang juga guru bahasa Inggris pastinya jengkel juga lama-lam..anak ditanyain satu-satu tentang bahasa Inggris dari warna yang di ajarkan tadi. Begitu diulang-ulang terus sampai hafal. Metode lama!!

Dear teachers,

Anda bisa menggunakan langkah berikut untuk mengajarkan bahasa Inggris untuk anak-anak balita:

  • Hindari menghafal, karena memori anak belum seperti orang dewasa yang semua bisa dijejalkan ke otaknya.
  • Bantulah pengajaran bahasa Inggris anak-anak dengan alat bantu bisa berupa gambar, realia, barang-barang di sekeliling Anda, atau juga majalah dan buku-buku bergambar.
  • Manfaatkan audio visual (TV, radio, komputer). Ini stimulasi yang bagus untuk anak, selain juga memberikan input yang otentik, sehingga anak leih enjoy dengan melihat dan mendengarkan, mungkin diiringi musik atau gambar yang disukai anak. Jangan biarkan anak sekedar mebayangkan saja.
  • Bila khawatir dengan pengucapan (pronunciation) dan intonasi Anda, bisa menggunakan media audio yang real dlm bentuk lagu atau percakapan pendek oleh native speaker.
  • Ajari dengan kata-kata simple yang mudah dan ada di sekeliling kita, seperti book, pen, cat, dll.
    Let’s move! Bergeraklah! Jangan paksa anak-anak untuk duduk manis diam mendengarkan semua yang Anda instruksikan. Ajak anak-anak menari, berlari, bergoyang mengikuti musik, bernyanyi, menggambar, bermain. Ini hal yang sangat ’anak-anak’. Eksplorasi semua aktivitas yang membuat anak berpindah tempat atau bergerak.
  • Berikan contoh. Hindari hanya menyuruh anak-anak melakukan sesuatu tetapi Anda diam saja. Bila Anda ingin anak-anak berdiri atau berputar. Lakukan dan ajak mereka melakukan bersama!!
  • Libatkan anak berceloteh, praktekkan dengan ngobrol bersama dengan kosa kata bahasa Inggris yang terbatas. Ini membuat kebiasaan saja, namun dampaknya kan luar biasa. Repetition.
  • Ekspresif dan libatkan emosi. Bila Anda mengajarkan sesuatu dengan riang, anak juga akan bersemangat. Memang nampak seperti anak kecil dan terkesan ’gila’ tapi itulah dunia anak-anak. Ajarka segala seusatu dengan ekspresi. Bagaimana mimik wajah saat sedih, menangis, tertawa, bahagia, dan lainnya. Ini juga akan sekaligus membuat anak menyampaikan perasaannya dan terbuka.
  • Ajarkan body language dengan benar. Bagaimana mengisyaratkan sesuatu dgn anggota tubuh, salah-salah malah Anda mengajarkan hal buruk terhadap anak.
  • Bila ingin menggunakan bahasa Inggris selama kelas berlangsung sebagi bahasa pengantar, ikuti dengan gerakan atau visualisasi yang membuat anak paham kan instruksi dan penjelasan. Misal: Cindy, close the door, please! Sambail menunjuk ke pintu dan berulang mengucapkan door juga dengan gerakan tangan seperti menutup pintu. Ulangi ”close the door, please..” hingga anak melakukannya dengan baik.
  • Performance: buat anak tertarik dengan Anda yang ceria, bersahabat, hangat, energik, lucu dan hindari intonasi yang tingg agar tak terkesan marah-marah.
  • Pilih saat yang tepat untuk belajar bahasa Inggris dan jangan memaksakan.

Nah..mudah bukan?? Semua serba bersenang-senang. Bermain sambil belajar. Jadi jangan pusing dengan apa yang akan Anda ajarkan dan bagaimana akan mengajarkan bahasa Inggris, tapu bagaimana menggunakan apa yang ada untuk belajar bagaimana menggunakan bahasa Inggris untuk berkomunikasi. Mungkin bukan hanya guru, tapi para orang tua juga bisa melakukannya. Selamat mencoba!!

8 thoughts on “HOW TO TEACH KIDS AN ENGLISH

  1. iy..anakq jg les Inggris..pas ngajarin warna dibawa keluar ruang ditunjuk bunga daun, boneka dan anak disuruh nyebutin warnanya…trus malah main petak umpet..juga…biar ga bosan kalik ya…pokoke kreatif juga…

  2. iyae mba..pake audio visual (tv) juga manjur ngajarin anak bhs inggris…sangking manjurnya..acara tv favorit e bapaknya (bal-balan) jadi second priority….alias ngalah..heheheh..

    • Terimakasih pak Agus..salam kenal juga…bacanya sambil kasih arahan jg donk pak..yang tua kan sudah malang melintang banyak makan asam garam..hehehe..
      Yes i will keep writing pak..thnx

  3. Dear mb…menarik dan bakal bermanfaat sekali. kbetulan lagi ngajar ponakan bahasa inggris…dan dia memang susah menghafal…ntr lagsung praktek deh..thank ya….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s