NOBEL: HADIAH TERINDAH YANG KUMILIKI (Moms Go Blogging Contest)

Banyak hal positif yang diambil dari pola ini. Namun semua itu tidak membuat saya lantas lepas tangan untuk terus memperhatikan hari-hari si kecil. Saya tetap bertanggungjawab atas perkembangan fisik dan mental anak saya. Saya kerjakan semua hal terkait si kecil dari hal simple sekalipun. Takjub dan luar biasa melihatnya hari demi hari meski meski dengan keterbatasan waktu…

Hal yang mulai sulit diatasi mungkin saat anak mulai usia sekolah. Memang yang saya alami justru si kecil mulai terbiasa bersekolah karena pernah di day care. Sejak dari play group hingga TK A sekarang., saya tidak kesulitan membuatnya mau bersekolah tanpa ditunggui. Perkembangan fisik dan pola pikirnya sangat pesat. Mulai dari kemampuan motoriknya, kecerdasannya, afektif interaksinya, verbal nya. Semua sangat cepat bahkan membuat kerepotan tingkat tinggi, atau bahkan menghabiskan kesabaran. Tak jarang kita orang tua malah dibandingkan dengan gurunya yang lebih baik segalanya, yang seolah menjadi malaikat untuk si kecil. Dan pertanyaan-pertanyaan si kecil yang mulai kritis..Saya pun mengalami hal serupa. Masih beruntung saya bekerja di dunia pendidikan. Setiap hari mengajar dan belajar bersama anak-anak. Bagaimana pun setiap bunda dituntut untuk kreatif menghadapi anak di setiap tahapan usianya.

Banyak hal yang saya pelajari saat berperan sebagai ibu untuk anak saya tercinta.Ternyata tidak hanya waktu yang banyak, fasilitas bermain yang lengkap, makanan yang lezat dan semua materi yang mencukupkan si anak menjadi pribadi yang utuh dan mandiri. Namun perhatian dan dukungan moral untuknya jauh lebih berarti. Biarkan anak belajar dari hal-hal yang terjadi dalam kehidupan. Tugas orang tua mendampinginya dengan cinta kasih. Jangan pernah lepas sedikit pun. Saya selalu ingat kutipan dari Dorothy Law Nolte: ”Jika anak dibesarkan dengan kasih sayang dan persahabatan, ia belajar menemukan menemukan cinta dalam kehidupan.” Dan dengan semua yang telah kami alami bersama selama 4 tahun 8 bulan ini, saya sangat bersyukur dan cukup bangga menyebut my little prince, Khaizan Nobelo Al Auza’i sebagai Nobel: sebuah hadiah terindah yang kumiliki. (Iik, October 2010)

Silakan comment note ini dlm rangka Lomba Moms Go Blogging AYAHBUNDA…via fnote facebook yaa… Let’s share our idea.. :)) Go MOms..

Leave a Reply

