TIPS SUKSES UN

Dear students,

Tinggal selangkah lagi para siswa akan menghadapi Ujian Nasional tahun ajaran 2011/2012. Sudah siap? Apa sih yang perlu disiapin buat ujian nasional? Ada tips sukses kah tahun ini? Yuk, nyontek tips nya… Ga usah percaya semua kunci jawaban yang beredar apalagi sehari menjelang Ujian Nasional. Kenapa harus panik? Waktu belajar sudah mepet dan merasa belum siap? Apalagi yang tidak ikut les, bimbingan belajar atau persiapan menjelang Ujian Nasional meskipun sekolah pasti menyelenggarakannya. Ayo lihat beberapa tips berikut:

  • Pelajari SKL UN tahun yang berlaku sekarang yaitu SKL 2011/2012. Pertanyaan dalam soal tidak akan melenceng jauh dari kisi-kisi UN tersebut. Ya memang pernah beberapa tahun lalu misalnya mata pelajaran Geografi melenceng jauh dari SKL dan kisi-kisi yang dikeluarkan, tp tidak terjadi lagi sekarang.
  • Kumpulkan latihan soal ujian nasional tahun-tahun sebelumnya. Biasanya sudah ada juga dalam bentuk buku dan tersedia di toko buku atau bisa didapat dari kakak kelas dan dari sekolah. Beberapa soal UN juga bisa di download dari website penyedia.
  • Kerjakan soal dan pelajari penyelesaiannya. Cari cara termudah menyelesaikan soal dengan ketepatan waktu. Kerjakan soal latihan tersebut sesuai waktu yang tertera. Anggap kamu sedang duduk dalam ruang ujian. Cek jawaban soal sesuai kunci yang ada (jangan intip kunci jawaban saat mengerjakan soal). berikan skor untuk latihan soal kamu ya.
  • Tidak perlu menghabiskan energi dan waktu untuk belajar yang lain, karena tipe soal tes akan mirip dan hampir sama dari tahun ke tahun sesuai SKL. Fokus! Jangan panik terjebak dalam bab yang belum dipelajari atau belum dikuasai.
  • Persiapkan alat tulis untuk UN dengan baik dan lengkap. Pastikan tersedia dan berfungsi dengan baik sehingga tidak membuat panik saat ujian, juga tidak perlu meminjam teman lain. (kecuali kalau kamu niat meminjam alat tulis sbg cara mendapatkan jawaban dari teman. hehehe. No!)
  • Jaga kesehatan. Stop belajar sehari sebelum ujian juga akan baik untuk me-restart otak dan tenaga kalian. Usahakan tidak bepergian jauh yang bikin capek, beristirahatlah di rumah, jangan begadang. Makan makanan yang bergizi dan hindari konflik dengan siapapun yang akan membebani pikiran.
  • Berdoa, tenangkan pikiran, pasrahkan segala usaha yang sudah dilakukan. Mohon maaf ke orang tua, keluarga dan teman juga menjadikan semangat baru dan memperoleh restu dari orang-orang terkasih. Ketenangan dan dukungan adalah hal penting untuk menghadapi UN meski tidak seseram dulu.
  • Tidak perlu tergiur isu kunci jawaban atau bocoran soal yang menyibukkan kamu mencari kesana kemari. Kalau perlu off kan hape saja dan segala social network yang memicu kekhawatiran, bila perlu.
  • Berangkat pagi, perkirakan waktu tempuh ke sekolah. Jangan terlambat. Selain pengawas dan aturan yang ketat, terlambat atau ketinggalan barang dan kartu ujian akan membuat panik dan menurunkan konsentrasi. Siapkan dan cek segala alat dan kartu ujian.
  • Tidak perlu khawatir dengan pengawas dan panitia. Mereka bukan setan yang menakutkan, tapi akan membantu peserta nyaman mengerjakan soal UN. Seharusnya pengawas memang menjalankan tugas sebaik-baiknya sesuai tata tertib yang ada.
  • Mintalah bantuan pengawas jika ada kendala atau yang meragukan.
  • Lengkapi identitas di lembar jawaban sesuai kartu ujian dan data diri yang benar. Kesalahan menulis bisa fatal.
  • Baca instruksi soal dan soal dengan teliti. Sebaiknya tidak menunda menghitamkan jawaban karena sulit memprediksi waktu. Jika yakin, langsung hitamkan jawaban sesuai soalnya. Jawablah soal yang Anda yakin bisa dan benar minimal sesuai nilai minimum kelulusan. Kalau harus dapat nilai 5 dari 40 soal berarti harus bisa menjawab soal benar sebanyak 20 nomor, dsb.
  • Cek kembali jawaban jika masih ada waktu ketika kamu sudha selesai, juga cek identitas.

Tidak perlu khawatir soal apapun, karena UN sebetulnya biasa saja seperti ulangan lainnya, hanya saja tata ruang dan posisi duduk yang berbeda, juga pengawas yang disilang antar sekolah. Tidak perlu membebani pikiran dengan dihantui TIDAK LULUS, tapi yakinkan dirimu mampu mengerjakan dengan baik sesuai yang kamu targetkan dan kamu rencanakan. Tidak perlu repot mencontek karena akan menghabiskan waktu, apalagi sampai ke tukang jahit untuk sekedar mendisain baju aman mencontek! Tidak perlu juga menyelipkan jawaban di sepatu atau melekatkannya di balik rok atau ritsleting atau di balik laci meja dan tempat pensil. Tidak perlu mempelajari kode tangan untuk saling memberi jawaban…

Sukses anak-anakku….Kalian pasti bisa…Taklukkan UN!!

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s